Pdf metabolisme karbohidrat

Glikolisis Glikolisis adalah proses penguraian karbohidrat menjadi piruvat. ATP 2CO2 Ilustrasi skematis dari lintasan metabolik dasar Terdapat beberapa jalur metabolisme karbohidrat baik yang tergolong sebagai katabolisme maupun anabolisme, yaitu glikolisis, oksidasi piruvat, siklus asam sitrat, glikogenesis, glikogenolisis serta glukoneogenesis.

Asetil KoA akan masuk ke jalur persimpangan yaitu siklus asam sitrat. Jika keadaan bersifat anaerob tak tersedia oksigenreoksidasi NADH melalui pemindahan sejumlah unsure ekuivalen pereduksi akan dicegah. Pemecahan satu gram protein menghasilkan energi sebesar 4,2 kkal. Metabolisme itu sendiri terdiri dari 2 proses yaitu anabolisme pembentukan molekul dan Katabolisme Penguraianmolekul.

Kemudian, dari piruvat menjadi laktat, ini jika pada glikolisis anaerob. Hal ini sangat membahayakan bagi tubuh, terutama otak dan sistem syaraf, yang membutuhkan glukosa dalam darah yang berasal dari makanan berkarbohidrat dalam kadar yang cukup. Jalur ini dinamakan glukoneogenesis pembentukan glukosa baru karena dianggap lipid dan protein harus diubah menjadi glukosa baru yang selanjutnya mengalami katabolisme untuk memperoleh energi.

Pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit diabetes melitus antara lain adalah sebagai berikut ini: Fruktosa dan galaktosa menghalangi pelepasan glukosa dari hati; leusin merangsang pembentukan insulin yang berlebihan oleh pankreas.

Pembagian Metabolisme Karbohidrat Metabolisme karbohidrat terdiri dari: Sementara itu, hasil glikolisis menghasilkan 2 molekul piruvat untuk 1 molekul glukosa. Contoh dari disakarida ini adalah sukrosa gula dapur yang terbuat dari satu unit fruktosa dan satu unit glukosa.

Melihat struktur molekulnya, karbohidrat lebih tepat didefinisikan sebagai suatu polihidroksialdehid atau polihidroksiketon. Hipertrigliseridemia terjadi karena VLDL yang disintesis dan dilepaskan tidak mampu diimbangi oleh kerja enzim lipoproteinlipase yang merombaknya.

Glikolisis Glikolisis terjadi dihampir bagian setiap sel hidup. Reaksi kondensasi, yang membentuk sitril KoA, diikuti oleh hidrolisis ikatan tioester KoA yang disertai dengan hilangnya energi bebas dalam bentuk panas dalam jumlah besar, memastikan reaksi tersebut selesai dengan sempurna.

Macam-macam proses metabolisme karbohidrat 1. Namun, pada terjadi hipertrigliseridemia yang menghasilkan peningkatan VLDL tanpa disertai hipersilomikronemia. Sebagai contoh adalah pengeruh insulin pada enzim glikogen sintase dan glikogen fosforilase King, Proses glikolisis secara keseluruhan ditunjukkan oleh skema pada gambar berikut.

Hydrogen dari NADH ditransfer ke flavoprotein, quinon, sitokrom b, sitokrom c, sitokrom a3, terus direaksikan dengan O2 membentuk H2O dan energy.

Pada penderita tumor pankreas penghasil insulin, gejalanya terjadi pada pagi hari setelah puasa semalaman, terutama jika cadangan gula darah habis karena melakukan olah raga sebelum sarapan pagi. ATP adenosin trifosfat merupakan senyawa berenergi tinggi. Yanovski, susan Z. Berkelanjutan tingkat yang lebih tinggi menyebabkan kerusakan gula darah ke pembuluh darah dan ke organ-organ mereka suplai, yang mengarah ke komplikasi diabetes.

Hampir sebagian besar organisme memperoleh sebagian besar energi untuk menunjang kehidupannya dari karbohidrat. Glukosa masuk lintasan glikolisis melalui fosforilasi menjadi glukosa-6 fosfat dengan dikatalisir oleh enzim heksokinase atau glukokinase pada sel parenkim hati dan sel Pulau Langerhans pancreas.

This WordPress. Peristiwa berlangsung terus-menerus karena insulin yang membatasi glukoneogenesis sangat sedikit atau tidak ada sama sekali.Metabolism (/ m ə ˈ t æ b ə l ɪ z ə m /, from Greek: μεταβολή metabolē, "change") is the set of life-sustaining chemical reactions in ancientmarinerslooe.com three main purposes of metabolism are: the conversion of food to energy to run cellular processes; the conversion of food/fuel to building blocks for proteins, lipids, nucleic acids, and some carbohydrates; and the elimination of.

11/28/ · Karbohidrat mempunyai peranan penting dalam menentukan karakteristik bahan makanan, misalnya rasa, warna, tekstur, dan lain-lain. Sedangkan dalam tubuh, karbohidrat berguna untuk mencegah timbulnya ketosis, pemecahan protein tubuh yang berlebihan, kehilangan mineral, dan berguna untuk membantu metabolisme lemak dan protein (Fessenden).Author: Asrul.

1.

Proses Metabolisme Karbohidrat (Gikogenesis, Glikolisis, dan Daur Krebs)

Pengertian Metabolisme Karbohidrat Secara Alamiah Karbohidrat merupakan hasil sintesis CO2 dan H2O dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun (klorofil) melalui ancientmarinerslooe.com makanan ini merupakan sumber energi bagi organisme heterotroph yaitu makhluk hidup yang memperoleh energi dari sumber senyawa organik di lingkungannya.

kelainan pada metabolisme ancientmarinerslooe.comi seseorang sedemikian itu disebut pentosuria. Ribose dan deoksiribosa merupakan komponen dari molekul asam nukleat.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf. Kalau sehari semalam makan 3 kali atau ada yang 2 kali mungkin ditambah dengan jajanan atau snack, sesuai dengan pola makan pagi, siang, malam perut akan terasa kenyang tidak ada rasa ancientmarinerslooe.comi makanannya mengandung nilai gizi yang seimbang, ada karbohidratnya, proteinnya, sayuran dan buahnya, untuk anak anak bisa ditambah.

karbohidrat, asam lemak dan met.

RANGKUMAN METABOLISME KARBOHIDRAT

asam amino “bertemu” di sini. ¾Penting juga dlm: glukoneogenesis, lipogenesis, dan interkonversi asam amino (Hanya di dalam hepar) Anggota siklus asam sitrat dapat menjadi senyawa-senyawa (intermediate substance) dari beragai proses metabolisme.

Pdf metabolisme karbohidrat
Rated 3/5 based on 26 review