Latar belakang penyakit obesitas pada anak

Mengenai hasil penelitian itu, Dr. Pencegahan sebaiknya dilakukan sebelum anak menjadi obesitas karena pencegahan lebih mudah daripada pengobatan. Secara klinis obesitas dengan mudah dapat dikenali karena mempunyai tanda dan gejala yang khas, yaitu: Penanggulangan obesitas pada anak lebih sulit dibandingkan obesitas dewasa, karena penyebab obesitas yang multifaktorial dan anak yang masih dalam taraf tumbuh kembang.

Apakah anak anda termasuk anak yang memiliki obesitas? Keluarga dapat membantu merubah perilaku sosial pasien Mekanisme koping yang baik dapat melindungi pasien dari perasaan kesepian isolasi Pasien mendapat keuntungan dari keterlibatan orang terdekat untuk memberi dukungan Diagnosa 4 4.

Apabila hal ini terjadi akan timbul berbagai masalah, diantaranya Timbunan lemak pada area abdomen yang emnyebabkan tekanan pada otot-otot diagfragma meningkat sehingga menggagu jalan nafasBB yang berlebihan menyebabkan aktifitas yang terganggu sehingga mobilitas gerak terbatasi dan timbul perasaan tidak nyaman, obat-obatan golongan steroid yang memicu nafsu makan tidak terkontrol mengakibatkan perubahan nutrisi yang berlebih, dan krisis kepercayaan diri karena timbunan lemak pada tubuh telah mengubah bentuk badannya.

Perbedaan dengan penelitian ini adalah variabel tak terikat 5 obesitas dan variabel luar yang diteliti besar uang saku. Perubahan gaya hidup karena pengaruh globalisasi mempengaruhi pola makan dan perkembangan teknologi menurunkan aktifitas anak.

Kaji perilaku hubungan keluarga dan perilaku sosial Kaji penggunaan ketrampilan koping pasien Rujuk untuk terapi keluarga atau individu sesuai dengan indikas. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya.

Produksi hormone tiroid diatur oleh hormone TSH yang diproduksi oleh hipofisis anterior.

1 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG OBESITAS PADA SAAT INI

Melakukan diet makanan agar jumlah kalori, lemak maupun zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi setiap harinya dan tidak berlebihan. Disebut obesitas viseral karena penimbunan lemak terjadi di dalam rongga perut abdomentepatnya di sekitar omentum usus viseral.

Individu biasanya sensitif terhadap tubuhnya sendiri Pasien mengungkapkan beban psikologisnya Keyakinan tentang seperti apa tubuh yang ideal atau motifasi dapat menjadi upaya penurunan berat badan Meningkatkan rasa kontrol dan meningkatkan rasa ingin menyelesaikan masalahnya Pola makan terjaga Kelompok terapi dapat memberikan teman dan motifasi Diagnosa 3 1.

Dalam tiga dasawarsa terakhir, obesitas pada anak berusia 6 hingga 11 tahun meningkat lebih dari tiga kali lipat di Amerika Serikat.

Nama lain tipe ini adalah obesitas tipe perifer peripheral obesityatau gluteal obesity dari kata gluteus yang berarti pantat. Orang mungkin makan berlebihan ketika depresi, merasa putus asa, marah, bosan, dan berbagai sebab lain yang sebenarnya tidak butuh makan.

Berat badan yang berlebih biasa disebut dengan obesitas, obesitas dikhawatirkan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan anak. Genetik Seperti kondisi medis lainnya, obesitas adalah perpaduan antara genetik dan lingkungan. Pengertian Obesitas Overweight adalah berat badan melebih standar berat badan menurut tinggi badan, meningkatnya otot tubuh atau jaringan lemak atau keduanya.

Survei menunjukkan tren yang mencemaskan di kalangan anak-anak. Tata Laksana Obesitas Anak 1. Sering ditemukan edema pembengkakan akibat penimbunan sejumlah cairan di daerah tungkai dan pergelangan kaki. Dengan perilaku makan orang tua dapat ditiru oleh anaknya,jadi biasakan memberi contoh yang baik pada anak anda dengan cara makan anda sendiri.

Sekilas anak yang gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan, bahkan ada ungkapan jikalau anak gemuk berarti sehat. Francis et al. Peran serta orang tua memegang peranan penting dalam penangan anak obesitas.

Penanggulangan obesitas anak sebaiknya dilakukan secara terapadu antara dokter anak, dietisien, psikolog dan petugas kesehatan lain.

Mutasi gen terjadi pada kromosom ke 15 yang mengatur nafsu makan.MAKALAH KEPERAWATAN ANAK OBESITAS DISUSUN OLEH: Halidi Syahroni Rahmat Sudirman Sartika Suwito Asisto Titis Ayu EkaSaputri FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS BATAM.

· Prevalensi obesitas di Indonesia mengalami peningkatan mencapai tingkat yang membahayakan. Berdasarkan data SUSENAS tahun prevalensi obesitas pada anak telah mencapai 11%.

Di Indonesia hingga tahun prevalensi gizi baik 68,48%, gizi kurang 28%, gizi buruk 88%, dan gizi lebih 3,4% (Data SUSENAS,).4,5/5. · ternyata inilah makanan yang menyebabkan titi wati terkena obesitas hingga berbobot kg - duration: Kumpulan Kabar Harian Terbaru Terkini 94, views Author: jualpiyama anak.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Obesitas pada saat ini telah menjadi masalah kesehatan dan berhubungan dengan terjadinya peningkatan penyakit tidak menular (Bener, ). Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius di masyarakat kita dewasa ini.

Di Amerika, Obesitas Pada Anak dikatakan telah meningkat sebesar 3 kali lipat selama 30 tahun terakhir. Sedangkan di Indonesia sendiri masalah ini juga meningkat tajam sebesar 2 kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir.

Pada dasarnya makalah ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang Obesitas pada Anak.

Latar belakang penyakit obesitas pada anak
Rated 3/5 based on 88 review