Diet pada pasien tb paru

Namun, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sumber lemak, tapi dalam batas normal. Akibatnya bakteri menjadi inaktif, tetapi masih tetap tinggal di dalam tubuh. Sumber karbohidrat Pasien TBC sangat membutuhkan banyak energi yang diperoleh dari makanan sumber karbohidrat.

Beberapa kebiasaan yang harus Anda kurangi atau hindari saat menderita TBC adalah: Pola aktivitas dan istirahat Subjektif: Apakah intake makanan sesuai kebutuhan pasien? Bumbu Bumbu yang tidak tajam Bumbu yang tajam seperti seperti garam, salam, bawang cabe, merica, cuka merah, bawang putih, laos, kunyit, dan kecap Lemak dan minyak Minyak goreng, mentega, minyak untuk menggoreng, margarine, dan santan encer lemak hewani, kelapa dan dalam jumlah terbatas santan.

Membantu mengoreksi hipoksemia yang terjadi sekunder hipoventilasi dan penurunan permukaan alveolar paru. Dapat dilihat dibawah ini bahan makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan pada penderita tuberculosis.

Energi yang didapat dari makanan tersebut digunakan sebagai bahan bakar sel-sel dalam tubuh untuk melakukan tugasnya.

Rasa lemah cepat lelah, aktivitas berat timbul. Paru-paru manusia terbungkus oleh dua selaput, yaitu pleura dalam pleura visceralis dan pleura luar pleura parietalis.

Tapi, tenang karena Anda tidak perlu melakukan hal ini. Oleh karena itu, M. Berikan obat: Tabel 1. Mengurangi konsumsi oksigen pada periode respirasi. Sumber hewani, contohnya ayam, daging tanpa lemak, ikan, seafood, susu, keju, telur, dan sebagainya. Pada tahunsetelah didiagnosa dokter, pasien mulai mengurangi makanan-makanan manis, namun porsi nasi tiap kali makan masih sama seperti biasanya.

Anda bisa mendapatkan lemak tidak jenuh dari konsumsi minyak ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Memantau data antropometri, BB naik berapa persen. Rokok dapat memperburuk kondisi paru-paru Anda. Sebelum Sakit Pasien memiliki kebiasaan makanan yang teratur dan tepat waktu dalam minum obat.

Kelas 2 Pada infeksi tuberkulosis, tidak timbul penyakit reaksi tes kulit tuberkulin bermakna, pemeriksaan bakteri negatif, tidak ada bukti klinik maupun radiografik.

Meski begitu, bila anak mengalami gejala-gejala seperti tersebut diatas, sah-sah saja bila orangtua curiga.

Sayuran Dalam sayuran, Anda bisa mendapatkan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi jika Anda menderita TBC. Minuman Teh encer Kopi dan teh kental; minuman yang mengandung soda dan alcohol. Terapi diet yang diberikan: Ujung cabang trakhea disebut carina.

Faktor yang mempengaruhi kemungkinan seseorang menjadi pasien TB Paru adalah daya tahan tubuh yang rendah dan malnutrisi gizi buruk.

Lesi ini dapat mengandung basil hidup yang dapat aktif kembali meski telah bertahun-tahun, dan menyebabkan infeksi sekunder.Jan 19,  · DIET PADA PENDERITA TBC (TB PARU) Salah satu masalah yang sering ditemukan pada pasien yang menderita TB Paru adalah masalah Kurang Gizi.

Keadaan tersebut akan menyebabkan lamanya pengobatan dan pulihnya kesehatan. Diet salah satu aspek penting dalam penanatalaksanaan penyakit TB Paru.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Untuk mengetahui penatalaksanaan diet TB Paru silakan. BAB II TINJAUAN PUSTAKA II.2 PENATALAKSANAAN DIET PADA TUBERKULOSIS PARU IIA Tujuan diet pada TB paru 1. Memberikan makanan adekuat untuk meningkatkan berat badan normal.

2. Memperbaiki kerusakan jaringan atau luka pada paru. 3. Adapun tambahan dari pengobatan pasien TB obat sisipan yaitu diberikan bila pada akhir tahab intensif dari suatu pengobatan dengan kategori 1 atua 2, hasil pemeriksaan dahak masih BTA positif, diberikan obat sisipan (HRZE) setiap hari selama satu ancientmarinerslooe.com: Arisandi, Am,Kep.

Seperti apa diet untuk penderita TBC? Penderita TBC harus makan yang banyak. Walaupun pada umumnya penderita TBC mengalami penurunan nafsu makan, mual, dan muntah karena pengaruh obat-obatan yang dikonsumsinya, tapi konsumsi makanan yang cukup juga menjadi salah satu syarat kesembuhan pasien TBC.

penatalaksanaan diet pada pasien tbc Kasus: Seorang anak laki-laki umur 6 tahun merupakan anak ketiga dari seorang buruh pabrik, BB 10,6 kg, TB 99 cm, menurut ibunya sejak 6 bulan yang lalu sering terserang demam, tidak dibawa ke dokter tapi hanya diberi obat penurun ancientmarinerslooe.com: Nitnot.

Seorang pasien bernama Tn.

J berusia 45tahun, BB 50kg, TB cm, yang bekerja sebagai buruh mengeluh batuk selama 2minggu terakhir dan kadang disertai darah, sesak nafas dan nyeri pada dada serta ada perubahan pada pengecapan.

Ia didiagnosis mederita kanker ancientmarinerslooe.com: UGI (Untukgiziindonesia).

Diet pada pasien tb paru
Rated 5/5 based on 7 review